Cute Bow Tie Hearts Blinking Blue and Pink Pointer

Sabtu, 09 Juli 2011

Persiapan Ujian.. Gimana caranya yaa???


Hy Guys,
Apa kabarnya nih?
Beberapa hari lagi, aku akan mengikuti ujian akhir semester kedua. Menengangkan sekali. apalagi persiapanku belum maksimal. Untuk mata kuliah fisdas mungkin sudah 60% tapi untuk statistika batu 30%. Sedangkan Alat Ukur Listrik baru 20 %.
Kenapa semester sekarang ini lebih membuatku deg deg an daripada semester kemaren. Kalo semester sekarang ini ada banyak mata kuliah yang belum ku kenal sebelumnya. Seperti Alat Ukur Listrik, Statistika, Perkembangan Peserta Didik, dan Ilmu Kealaman Dasar. Memang beberapa materi didalamnya sudah pernah ku kenal sebelumnya dibangku SMA atau SMP, tetapi yang diperkuliahan ini terasa berat.
Walaupun begitu, aku sudah menjalaninya selama enam bulan. Aku sudah belajar dengan durasi yang sangat lama. Aku harus optimis kalau aku mampu. Aku harus bisa. Yeah !! #semangat#
Kalau kalian merasa nggak semangat menjelang ujian, jangan menyerah dulu untuk mendapatkan semangat. Kamu-kamu bisa mengikuti tips yang aku kasih ini.
1.       Sebaiknya kamu memberikan waktu untuk dirimu sendiri memikirkan apakah kamu siap untuk menghadapi ujian? Bagaimana persiapan ujianmu? Berapa besarkan kesiapan mentalmu menjalani ujian? Nah, kalo itu udah kamu  pikirkan, kamu pasti dapat feel yang bisa membuat kamu menyalahkan dirimu sendiri akibat perbuatan kamu selang beberapa waktu terakhir ini. pada saat itulah kamu akan berusaha bangkit untuk menebus kesalahan yang sudah kamu pikirkan tadi. Mulailah dengan membaca basmalah dan tentukanlah jadwal belajarmu seminggu sebelum ujian.
2.       Setelah itu, kamu bisa mencari topik mana yang tidak kamu mengerti. Kamu bisa menulisnya di samping jadwal belajarmu. Usahakan sedetail mungkin dan benar-benar mewakili ketidakmengertianmu pada topik tersebut. Selagi kamu menuliskan topik-topik yang tidak kamu mengerti, kamu dapat membaca sedikit penjelasan tentang topik yang tidak kamu mengerti itu. Sehingga kamu paham kalau kamu belum mengerti bagian itu.
3.       Selanjutnya, mulailah mempelajari topik tersebut dengan konsentrasi. Jauhkan hal-hal yang dapat membuat konsentrasi belajarmu terganggu, seperti HandPhone, Laptop, Modem dll. Usahakan kamu belajar diruangan terbuka namun jauh dari keramaian. Kamu akan lebih terasa rilex dan santai belajar di ruangan terbuka yang menghadap pada lingkungan luar rumah dibandingkan kamu belajar dikamar. Apalagi kamarmu bisa menjerumuskanmu pada pulau Kapuk. Nggak jadi belajar donk.. ^.^
4.       Kalo perlu bikin catatan keci disamping bukumu untuk membuat Jembatan keledai dari materi tersebut. Bisa juga smart map atau sejenisnya. Sehingga memudahkan kamu mengulang kembali sebelum ujian.
5.       Untuk beberapa kondisi yang memungkinkan, kamu bisa menyelinginya dengan membahas soal yang berkaitan dengan materi yang kamu pelajari. Jangan terlalu banyak dan jangan terlalu sedikit. Yang penting membuat kamu santai dan tidak merasa tertekan.
6.       Ajaklah temanmu untuk belajar kelompok. Usahakan hanya dua atau tiga orang. Kalau terlalu banyak, nanti bukannya belajar malah ngobrol.
7.       Sebelum tidur, evaluasi apa yang sudah kamu pelajari sekitar 10 hingga 15 menit.
8.       Jangan begadang terlalu malam karena akan membuat otakmu cepat lelah dan aus ketika ujian. Dan jika kamu begadang, makanlah makanan yang berprotein supaya kamu bisa lebih berkonsentrasi.
9.       Menjelang ujian, jangan lupa persiapkan semua hal yang dirasa perlu.

Cukup banyak ya. Tapi mudah dipraktekkan kok. Semoga berhasil ya?? Good Luck..

Salam pertemanan !!!

0 Komentar: