Skenario
Bu Meri seorang guru fisika SMP X Padang,
mengajar di kelas VIII, selalu berusaha meningkatkan kualitas pembelajaran
dengan melakukan berbagai treatmen. Semester Juli-Desember 2010, Ibu Meri
mengajar menerapkan model pembelajaran Cooperative Learning dengan teknik STAD
di kelas VIII1, sedangkan di kelas VIII2 menerapkan model
pembelajaran sesuai dengan tuntutan kurikulum. Bu Meri berusaha mengajar dengan
materi sama, suasana dan kondisi emosional serta lingkungan belajar dijaga
kondusif. Setelah berlangsung setengah semester menerapkan STAD, Bu Meri
menjalankan tes dengan instrument yang sama pada kedua kelas VIII1
dan kelas VIII2.
Pertanyaan
1. Apa jenis penelitian yang tepat
menurut skenario?
2. Apa judul yang tepat dari
skenario?
3. Apa yang menjadi masalah dari
skenario tersebut?
4. Rumuskan masalahnya
5. Rumuskan hipotesis nol dan
hipotesis kerjanya
6. Apa variabel bebas, variabel
terikat, dan variabel kontrolnya?
7. Teknik sampling yang tepat
8. Apa data penelitian yang
diperlukan untuk menguji hipotesis
9. Apa alat pengumpul data yang
tepat dan apa syarat yang harus dipenuhi
Jawaban
1. Jenis penelitian yang digunakan
adalah penelitian eksperimen
semu (quasi experiment)
2. Judul yang tepat untuk skenario
tersebut adalah “Pengaruh penerapan model pembelajaran Cooperative
Learning tipe STAD terhadap hasil belajar siswa“
3. Masalah yang dikemukakan dalam
skenario adalah rendahnya hasil belajar siswa diprediksi kurangnya penerapan model pembelajaran
yang menarik
Permasalahannya adalah belum ada model pembelajaran yang menarik minat siswa untuk
belajar di kelas
4. Rumusan masalahnya adalah
“Apakah terdapat pengaruh yang berarti penerapan model
pembelajaran Cooperative Learning tipe
STAD terhadap
hasil belajar siswa?”
5. Hipotesis Nol : Tidak terdapat pengaruh yang berarti penerapan model
pembelajaran Cooperative Learning tipe
STAD terhadap
hasil belajar siswa
Hipotesis Kerja : Terdapat pengaruh yang berarti penerapan model
pembelajaran Cooperative Learning tipe
STAD terhadap
hasil belajar siswa
6. Variabel bebas : model pembelajaran Cooperative
Learning tipe STAD
Variabel terikat : hasil
belajar siswa
Variabel kontrol : materi, suasana dan
kondisi guru, lingkungan belajar, guru yang sama, instrumen tes, alokasi waktu
7. Teknik sampling yang tepat
adalah cluster random sampling
8. Data penelitian adalah hasil
belajar siswa. Keduanya merupakan data primer.
9. Alat pengumpul data adalah
instrumen tes yang diberikan
0 Komentar:
Posting Komentar