Cute Bow Tie Hearts Blinking Blue and Pink Pointer

Minggu, 21 Oktober 2012

Soal Cerdas Cermat Forsia UNP


Merayakan Ulang Tahun Forsia yang ke 19, aku diberikan amanah untuk menjadi panitia pembuat soal cerdas cermat ilmu fisika. Pertanyaannya sih konsep. Kenapa? Dengan pertanyaan konsep, peserta tidak hanya tidak dibikin pusing dengan angka-angka namun juga peserta mendapatkan pengetahuan baru :)

Berikut pertanyaan beserta jawabannya :)

Semoga bermanfaat :)

Pertanyaan untuk Cerdas Cermat Milad Forsia

Apa yang dimaksud dengan polarisasi cahaya?

Gangguan dari gelombang cahaya berupa medan listrik dan medan magnetik adalah tegak lurus terhadap arah perambatan cahaya. Dengan dmikian, gelombang cahaya termasuk gelombang transversal, sehingga ia mengalami gejala polarisasi. Suatu gelombang disebut terpolarisasi jika sebagian arah getar cahayanya terserap oleh suatu bidang polarisasi. Jika cahaya hanya mempunyai satu arah getar tertentu disebut dengan cahaya terpolarisasi linier. Cahaya terpolarisasi dapat diperoleh dari cahaya tidak terpolarisasi, yaitu dengan menghilangkan atau memindahkan semua arah getar dan hanya melewatkan salah satu arah getar saja. Ada 4 cara untuk melakukan hal ini, yaitu penyerapan selektif, pemantulan, pembiasan ganda, dan hamburan.

Mengapa langit tampak biru?

Peristiwa ini disebabkan oleh hamburan cahaya. Untuk intensitas cahaya tertentu, intensitas cahaya yang dihamburkan bertambah dengan bertambahnya frekuensi. Karena cahaya biru memiliki frekuensi yang lebih rendah dari pada frekuensi merah, maka cahaya biru dihamburkan lebih banyak daripada cahaya merah. Sebagai hasilnya langit berwarna biru.

Mengapa bulu burung merak bersinar?

Bulu-bulu burung merak yang sangat berdekatan bekerja mirip seperti lapisan tipis minyak diatas permukaan air atau lapisan tipis sabun. Ketika cahaya matahari yang mengandung beberapa panjang gelombang akan mengalami interferensi konstruktif sesuai dengan ketebalan berbeda dari bulu-bulu merak. Interferensi konstruktif dari berbagai warna menghasilkan sinar terang dari berbagai warna pada bulu-bulu burung merak. Jadi peristiwa yang terjadi pada burung merak disebabkan oleh efek optik, bukan berasal dari benda itu sendiri.

Apa beda efek doppler pada gelombang bunyi dengan efek doppler pada gelombang elektromagnetik?

Efek doppler pada gelombang bunyi bergantung pada kecepatan medium (kecepatan angin) sedangkan efek doppler pada gelombang elektromagnetik tidak bergantung pada kecepatan medium karena gelombang ekltromagnetik tidak membutuhkan medium dalam perambatannya.

Ketika kendaraan atau motor itu mengurangi kecepatan, misalnya sewaktu menikung, mengapa putaran roda dapat terlihat ”seolaholah” berbalik arah?

Fenomena seolaholah berbalik arah itu dikarenakan keterbatasan mata kita. Mata kita mempunyai kemampuan melihat 12 14 frame per detik. Kalau pernah melihat orang membuat film kartun, sebanyak 12 14 lembar gambar yang ditayangkan di TV berurutan dalam jangka waktu sedetik itulah gerakan yang masih bisa ditangkap mata kita dengan benar. Ketika serangkaian gambar diputar lebih cepat dari 14 frame per detik, mata kita kewalahan. Serangkaian gambar itu akan dilihat sebagai sesuatu yang kontinyu. Nah, biasanya sebuah film diputar dengan kecepatan 32 frame per detik. Jika dalam film ada roda berputar dengan kecepatan 32 putaran per detik kita akan melihat roda itu diam. Jika rodanya berputar lebih cepat, roda kelihatan maju, tetapi ketika lebih lambat, roda kelihatan mundur. Jadi, ketika roda mulamula berputar dengan kecepatan 40 putaran per detik lalu diperlambat menjadi 20 putaran per detik, arah putaran roda dapat terlihat berbalik arah.

0 Komentar: