Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
A.
Identitas
Sekolah : SMA N 1 Padang
Mata
Pelajaran : Fisika
Kelas
/ Semester : X / 1
Jumlah
Pertemuan : 1 kali
Standar
Kompetensi : 2. Menerapkan konsep dan prinsip dasar
kinematika dan dinamika benda titik
Kompetensi
Dasar : 2.3 Menerapkan
hukum newton sebagai prinsip dasar dinamika
untuk gerak lurus, gerak vertikal, dan gerak melingkar beraturan
Indikator : 2.3.1 Mempelajari konsep gaya dan
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Alokasi
Waktu : 20 menit
B.
Tujuan Pembelajaran
Setelah
guru dan siswa melakukan tanya jawab, peserta didik dapat :
1.
Menjelaskan konsep gaya menurut
ilmu fisika
2.
Mengidentifikasi gejala pada
suatu benda yang dikerjakan gaya
3.
Menjelaskan berbagai jenis gaya
dalam fisika
4.
Memberikan contoh penerapan
konsep gaya dalam kehidupan sehari-hari
5.
Menanggapi pertanyaan guru dengan baik, jelas, dan
percaya diri
C. Materi
Pembelajaran
Konsep
Gaya dan Penerapannya dalam Kehidupan Sehari-hari
Gaya
adalah suatu tarikan dan dorongan. Satuan gaya adalah newton (N) atau dyne,
dimana 1 N = 105 dyne.
Gaya
yang bekerja pada benda mempengaruhi keadaan benda tersebut. Apabila suatu
benda dikerjakan sebuah gaya, maka akan menimbulkan perubahan-perubahan sebagai
berikut.
1. Benda
yang diam akan bergerak dan sebaliknya
2. Bentuk
dan ukuran benda berubah
3. Arah
gerak benda berubah
Jenis-jenis
gaya yang bekerja pada suatu benda, yaitu:
1. Gaya
berat
Gaya berat adalah gaya
gravitasi Bumi yang bekerja pada suatu benda.
2. Gaya
normal
Gaya normal adalah gaya yang
bekerja pada bidang sentuh antara dua permukaan yang bersentuhan, yang arahnya
selalu tegak lurus pada bidang sentuh.
3. Gaya
gesekan
Gaya gesekan adalah gaya sentuh
yang muncul jika permukaan dua benda bersentuhan langsung secara fisik. Arah
gaya gesekan searah dengan permukaan bidang sentuh dan berlawanan dengan
kecendrungan arah gerak.
4. Gaya
tegangan tali
Gaya tegangan tali adalah gaya
tegang yang bekerja pada ujung-ujung tali karena tali tersebut tegang, sebagai
reaksi dari gaya luar yang bekerja padanya.
5. Gaya
sentripetal
Gaya sentripetal adalah gaya
menuju pusat lintasan yang ditimbulkan akibat gerak benda yang melingkar
mengitari pusat lintasan.
Penerapan
konsep gaya dalam kehidupan sehari-hari diantaranya yaitu:
1.
Kegiatan membuka dan menutup
pintu
2.
Kegiatan menangkap bola saat
bermain bola kaki
3.
Menarik pegas sehingga pegas
memanjang
4.
Memukul bola kasti sehingga
bola kasti berubah arah
5.
Bermain biang lala di wahana
permainan
6.
Menggelindingkan bola diatas
karpet kemudian bola tersebut berhenti karena adanya gaya gesekan
D. Metode
Pembelajaran
1. Metode :
Demonstrasi, tanya-jawab
E.
Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan
Pendahuluan
a. Guru
mempersiapkan siswa sebelum memulai proses belajar mengajar
b. Guru
memberikan apersepsi sebelum menjelaskan cakupan materi
1)
Mengapa benda yang sedang
bergerak dapat berhenti?
c. Guru
memberikan motivasi kepada peserta didik
1)
Apa yang kamu lakukan jika
ingin memindahkan meja?
2)
Apa yang kamu lakukan saat jika
ada seseorang yang melempar bola ke arahmu
d. Guru
menjelaskan tujuan yang hendak dicapai
dalam pembelajaran
e. Guru
menjelaskan cakupan materi pembelajaran
2. Kegiatan
Inti
a. Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
a.
Guru mendemonstrasikan contoh
gejala pada suatu benda yang diberikan gaya
b.
Guru meminta siswa menuliskan
apa yang mereka amati saat guru melakukan demonstrasi
b. Elaborasi
1) Guru
membimbing peserta didik mendapatkan konsep gaya dengan memberikan
pertanyaan-pertanyaan yang relevan
2) Guru
menanggapi jawaban dari peserta didik,
memberikan informasi yang benar, dan menambahkan informasi kepada
peserta didik
c. Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi :
1)
Guru menambahkan informasi yang
belum diketahui siswa
3. Kegiatan
Penutup
a. Guru
membimbing siswa untuk membuat kesimpulan
b. Guru
memberikan tes kecil untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap materi
hari ini
c. Guru
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
d. Guru
memberikan pekerjaan rumah berupa latihan soal dan membuat mind mapping materi pertemuan selanjutnya
e. Guru
menyampaikan rencana pembelajaran pertemuan selanjutnya
F.
Sumber Belajar
1.
Referensi : Buku Marthen Kanginan
penerbit Erlangga
2.
Media Pembelajaran : Charta
3.
Peralatan dan Bahan : Botol Aqua, Buku, Meja Kayu,
Kelereng
G.
Penilaian
Teknik
Penilaian : Tes tertulis
Instrumen
Penilaian : Soal Essay
Contoh
Penilaian : Jelaskan apa yang kamu ketahui
tentang gaya. Menurut pendapatmu, apa saja contoh penerapan gaya dalam
kehidupan sehari-hari?
Padang,
26 Februari 2013
Mengetahui,
Kepala
Sekolah SMAN 1 Padang Guru
Mata Pelajaran
Drs.
Yufri Siri, M.Pd Fanny
Rahmatina Rahim, S.Pd
NIM. NIM.
16030/2010
0 Komentar:
Posting Komentar