Cute Bow Tie Hearts Blinking Blue and Pink Pointer

Minggu, 26 Mei 2013

Skenario Metodologi Penelitian Part 2


Skenario

Bu Meri seorang guru fisika SMP X Padang, mengajar di kelas VIII, selalu berusaha meningkatkan kualitas pembelajaran dengan melakukan berbagai treatmen. Semester Juli-Desember 2010, Ibu Meri mengajar menerapkan model pembelajaran Cooperative Learning dengan teknik STAD di kelas VIII1, sedangkan di kelas VIII2 menerapkan model pembelajaran sesuai dengan tuntutan kurikulum. Bu Meri berusaha mengajar dengan materi sama, suasana dan kondisi emosional serta lingkungan belajar dijaga kondusif. Setelah berlangsung setengah semester menerapkan STAD, Bu Meri menjalankan tes dengan instrument yang sama pada kedua kelas VIII1 dan kelas VIII2.

Pertanyaan
1.      Apa jenis penelitian yang tepat menurut skenario?
2.      Apa judul yang tepat dari skenario?
3.      Apa yang menjadi masalah dari skenario tersebut?
4.      Rumuskan masalahnya
5.      Rumuskan hipotesis nol dan hipotesis kerjanya
6.      Apa variabel bebas, variabel terikat, dan variabel kontrolnya?
7.      Teknik sampling yang tepat
8.      Apa data penelitian yang diperlukan untuk menguji hipotesis
9.      Apa alat pengumpul data yang tepat dan apa syarat yang harus dipenuhi
Jawaban
1.      Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment)
2.      Judul yang tepat untuk skenario tersebut adalah “Pengaruh penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD terhadap hasil belajar siswa
3.      Masalah yang dikemukakan dalam skenario adalah rendahnya hasil belajar siswa diprediksi kurangnya penerapan model pembelajaran yang menarik
Permasalahannya adalah belum ada model pembelajaran yang menarik minat siswa untuk belajar di kelas
4.      Rumusan masalahnya adalah “Apakah terdapat  pengaruh yang berarti penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD terhadap hasil belajar siswa?”
5.      Hipotesis Nol : Tidak terdapat pengaruh yang berarti penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD terhadap hasil belajar siswa
Hipotesis Kerja : Terdapat pengaruh yang berarti penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD terhadap hasil belajar siswa
6.      Variabel bebas : model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD
Variabel terikat : hasil belajar siswa
Variabel kontrol : materi, suasana dan kondisi guru, lingkungan belajar, guru yang sama, instrumen tes, alokasi waktu
7.      Teknik sampling yang tepat adalah cluster random sampling
8.      Data penelitian adalah hasil belajar siswa. Keduanya merupakan data primer.
9.      Alat pengumpul data adalah instrumen tes yang diberikan

0 Komentar: