Cute Bow Tie Hearts Blinking Blue and Pink Pointer

Kamis, 07 Februari 2013

Cara Menghadapi Orang yang Sirik


Hai guys, problematika kehidupan itu akan tetap ada selama kita masih hidup, bener gak? Masalah itu muncul dari banyak sisi, baik sisi internal maupun sisi eksternal kita. Kali ini Fanny akan membahas karakter seseorang yang sirik (dibaca : iri atau dengki). Manusia yang mempunyai karakter ini mungkin tidak banyak karena menurut pribadi Fanny, fitrahnya manusia terlahir sebagai manusia yang baik hatinya. Namun, dari sekian banyak manusia yang ada di sekitar kita, pasti ada yang namanya manusia yang sirik dengan kita. Jumlah mereka mungkin saja tidak banyak, namun pengaruh mereka sangat besar dan tentu saja mereka seperti virus dalam penyakit, bisa menular dan mewabah kemana-mana. Nantinya bibit-bibit itulah yang memunculkan manusia baru yang iri kepada kita.

Fanny pernah mengalami hal itu. Secara kontinue mereka mencoba menjatuhkan Fanny secara psikis. Misalnya dengan status-status facebook, twitter, blog, dan semacamnya yang ada di jejaringan sosial. Ada juga yang berkomentar ini itu tentang Fanny dari mulut ke mulut tanpa sepengetahuan Fanny. Ini sudah biasa ya kita dengar dan rasakan sehari-hari. Bahkan Fanny sudah merasakan sejak Sd hingga sekarang.

Fanny yakin orang-orang seperti itu tidak akan ada habisnya. Sebanyak mereka yang suka dengan kita, sebanyak itu lah mereka yang tidak menyukai kita. Fanny akan selalu ingat hal itu sehingga Fanny nggak akan berharap terlalu banyak semua orang akan menyukai Fanny. Bukan berarti Fanny pesimis dengan lingkungan Fanny.

"Sebaik-baiknya muslim adalah mereka yang bermanfaat bagi orang lain". Hadist ini akan selalu kita ingat agar kita tidak mudah terpancing dengan perlakuan lingkungan sekitar kita. Nah, kita lakukan yang terbaik untuk diri sendiri dan orang lain, dengan begitu jalan kita untuk disukai orang lain insya allah dipermudah oleh Allah Swt.

It's simple.

Fanny yakin dengan melakukan yang terbaik perlahan tapi pasti orang tersebut dengan segala kedengkiannya akan menjauh dari kita.

Lalu bagaimana cara menghadapi orang yang sirik kepada kita?
Ada beberapa tips yang sudah pernah Fanny lakukan dan alhamdulillah ini sudah ada efeknya bagi kehidupan Fanny.

1. Kendalikan emosi
Emosi pasti ada saat kita menghadapi situasi yang sulit ini. Namun jangan sampai emosi kita tidak terkontrol karena perlakuan mereka yang mungkin saja sudah terang-terangan menjatuhkan kita. Yang mereka inginkan adalah kita merespon tindakan mereka dengan hal yang sama, tapi kalau sudah begitu apa bedanya kita dengan mereka? Tentu saja, ini akan membuat mereka senang dan makin ingin membuat kita kehilangan kendali. Dan akhirnya mereka menang sedangkan kita kalah. Nggak mau kan kalau endingnya begini? Nah, oleh karena itu, biarkan saja mereka melakukan apa yang mereka inginkan dan kita tetap berusaha memperlakukan dan mengkondisikan diri sebagai manusia yang tidak ada masalah dengan mereka. Lama kelamaan mereka pasti akan jenuh karena mereka tidak mendapatkan respon yang negatif dari kita, mungkin saja mereka akan malu dan menjauhi kita. Dengan begitu secara tidak langsung, mereka telah menyatakan kekalahan di depan kita. And finally, we win :)

2. Tetap berfikiran positif
Ya, positive thinking is the best untuk menyelesaikan masalah. Anggap saja mereka punya masalah pribadi atau kelainan jiwa yang melibat kita. Ya kalau bisa dibantu, kita bantu. Tanya baik-baik masalah mereka dengan kita itu apa? Apa yang bisa kita lakukan untuk mereka? Haha kayak konsultasi saja ya. Mungkin saja mereka lagi bingung ngerjain tugas, terus liat kita yang udah selesai namun mereka malu untuk meminta pertolongan. Ya akhirnya sifat sirik tersebut muncul. Inilah peran kita untuk menjadi konsultan pribadinya. Mungkin saja mereka bisa membuka mata dan hati agar kembali ke jalan yang benar hho

3. Dekati teman-teman mereka
Mendekati orang-orang sekitarnya akan membuat pertahanan mereka lumpuh karena dia tidak mendapat dukungan lagi dan berfikir bahwa sirik kepada kita hanya akan membuang-buang waktu.

4. Pujilah mereka
Sekali-kali kita perlu juga memuji orang-orang yang tidak menyukai kita. Mungkin saja akar dari karakter sirik mereka tersebut adalah mereka kurang mendapat pujian atau perhatian dari orang lain. Semoga saja, dengan adanya kita yang memuji mereka, mereka lebih percaya diri terhadap apa yang telah mereka miliki.

5. Perbanyak doa
Berdoa lah agar kita terhindar dari orang-orang yang ingin menjahati kita. Aku pernah dikasih tahu mama kalau setiap keluar rumah itu baca tiga Qul (Surat Al-ikhlas, Al-falaq dan An-nas). Insya Allah akan membuat hati kita tentram dan kita terhindar dari kejahatan termasuk kejahatan orang yang sirik.

2 Komentar:

bin Qisthi mengatakan...

Artikel yg sangat bagus..

fanny mengatakan...

Terima kasih ^^