Cute Bow Tie Hearts Blinking Blue and Pink Pointer

Rabu, 20 Januari 2016

Jawaban Soal Nomor 5 Ujian Biofisika

Nomor 5
(a) Gaya-gaya yang bekerja pada burung adalah gaya berat yang mengarah ke bawah sebesar W = mg dan gaya angkat oleh udara sebesar Fa = ρgV.
Dimana W adalah gaya berat, m adalah massa, g adalah percepatan gravitasi, Fa adalah gaya angkat, ρ adalah massa jenis udara, dan V adalah volume benda yang tercelup dalam fluida (dalam kasus ini, V adalah volume badan burung).

(b) Pada pesawat yang sedang bergerak, kecepatan aliran udara bagian atas dan bagian bawah berbeda. Pada saat pesawat take off, kecepatan aliran udara pada bagian bawah lebih kecil daripada kecepatan aliran udara pada bagian atas. Hal ini menyebabkan tekanan udara dan gaya tekan pada bagian bawah lebih besar daripada bagian atas sehingga pesawat dapat naik. Begitu juga sebaliknya pada saat pesawat landing, kecepatan udara bagian atas lebih kecil, tekanan udara dan gaya tekan lebih besar sehingga menyebabkan pesawat turun.

Pada peristiwa pesawat naik, gaya angkat ke atasnya lebih besar dari pada gaya beratnya. Sebaliknya, pada saat pesawat turun, gaya angkat ke atasnya lebih kecil dari pada gaya beratnya.

0 Komentar: