Cute Bow Tie Hearts Blinking Blue and Pink Pointer

Selasa, 18 Juni 2013

SISTEM PEMBELAJARAN DALAM STANDAR PROSES PENDIDIKAN

SISTEM PEMBELAJARAN DALAM STANDAR PROSES PENDIDIKAN

A.Pengertian dan Kegunaan Sistem
            Sistem merupakan sebuah kesatuan yang antara satu dengan yang lainnya saling berinteraksi dengan mencapai hasil yang yang diharapkan secara optimal sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.
System memiliki 3 karakteristik:
a.Setiap sistem pasti memiliki tujuan
            Di mana tujuan merupakan arah yang harus dicapai oleh pergerakan sistem.sebaiknya tujuan harus jelas dalam menjalankan sebuah sistem.
b.setiap sistem selalu mengandung proses
dimana proses merupakan kegiatan yand diharapkan untuk mencapai tujuan akhir kita.
c.setiap sistem melibatkan berbagai unsur dan komponenen tertentu.
Oleh karena itu,sistem merupakan proses mencapai tujuan mellaui pemberdayaan komponen-komponen yang membentuknya,maka sistem erat kaitannya dengan perencanaannya.
Sistem memiliki ukuran dan batas yang relatif .Sistem terdiri atas subsistem  subsistem yang luas .Dalam sistem pembelajaran ,terdapat beberapa macam subsistem subsistem ,seperti subsistem media,subsistem strategi,dan lain sebagainya.
Pembelajaran dikatakan sebagai suatu sistem karena bertujuan membelajarkan siswa.proses pembelajaran tersebut merpakan rangkaian kegiata yang melibatkan berbagai komponen.
Sehinnga sistem sangat diperlukan dalam merancang atau merencanakan suatu proses pembelajaran ,yang mana perencanaan merupakan proses dan cara berpikir yang menciptakan hasil yang diharapkan.
Proses perencanaan memiliki beberapa system keuntungan:
1.Melalui sistem perencanaan yang matang,akan mendapatkan hasil yang optimal
2.Melalui system perencanaan sistem yang sistematis ,sehingga dapat menentukan
Berbagai strategi yang bias dilakukan untuk mencapai tujuan yang diharapkan
3.Melalui system perencanaan,sehingga dapat memanfaatkn fasilitas yang ada.

B. Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap sistem pembelajaran
1.     Faktor Guru
Guru merupakan faktor penentu yang paling berpengaruh pada sistem pembelajaran karena guru memegang peranan penting dalam pembelajaran. Guru adalah penentu implementasi suatu strategi pembelajaran. Tanpa guru, strategi pembelajaran yang ideal dan bagus tidak mungkin dapat diaplikasikan.
Peran  guru tidak dapat digantikan oleh media apapun, baik itu media elektronik maupun buku.  Dalam proses pembelajaran, guru tidak hanya berperan sebagai model atau teladan bagi siswa yang diajarkannya, tetapi juga sebagai pengelola pembelajaran.
Menurut Dankin (1974) ada beberapa aspek yang dapat mempengaruhi kualitas proses pembelajaran dilihat dari faktor guru, yaitu:
a.     Teacher Formative Experience
b.     Teacher Taning Experience
c.      Teacher Properties

2.     Faktor Siswa
Siswa adalah manusia yang sedang dalam proses perkembangan. Perkembangan ini dapat berupa perkembangan kepribadian dan emosional. Tempo perkembangan masing-masing anak tidak sama, hal inilah yang mempengaruhi proses pembelajaran.
Sama seperti guru, faktor-faktor yang dapat mempengaruhi proses pembelajaran dapat dilihat dari faktor siswa, yaitu:
a.     Pupil Formative Experience
b.     Pupil Properties

3.     Faktor Sarana dan Prasarana
Sarana adalah sesuatu yang dapat mendukung kelancaran proses pembelajaran secara langsung, sedangkan prasarana adalah sesuatu yang mendukung kelancaran proses pembelajaran secara tidak langsung.
Sarana dan prasarana juga menentukan proses pembelajaran di suatu sekolah. Sekolah yang memiliki sarana dan prasarana yang baik akan lebih baik pula proses pembelajarannya.

4.     Faktor Lingkungan
Ada dua faktor lingkungan yang mempengaruhi proses pembelajaran, yaitu faktor organisasi kelas dan faktor iklim sosial-prsikologis.
Dalam faktor organisasi kelas, kelompok belajar yang lebih kecil akan lebih efektif dalam proses pembelajaran. Sebaliknya, kelompok belajar yang besar akan mengurangi kefektifan proses pembelajaran.
Keharmonisan hubungan antara orang yang terlibat dalam proses pembelajaran sangat dipengaruhi oleh faktor iklim sosial-psikologis.



   

0 Komentar: